Honorer K2 Tuntut Gaji Setara UMP

Honorer K2 Tuntut Gaji Setara UMP

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Ratusan honorer di lingkungan pemda Bengkulu Selatan (BS) yang tergabung dalam honorer katagori dua (K2) kemarin mendatangi DPRD Bengkulu Selatan. Mereka menuntut kenaikan gaji setara dengan upah minimum provindi (UMP).

“ Kami sadar untuk diangkat menjadi CPNS atau PPPK sulit, namun kami minta agar gaji kami bisa setara dengan UMP,” kata ketua persatuan honorer K2 Bengkulu Selatan, Novi Arman saat hearing di ruang rapat DPRD Bengkulu Selatan, Senin (28/1).

Novi mengatakan adanya keinginan para honorer K2 Bengkulu Selatan ini agar gaji mereka setara dengan UMP sesuai dengan imbauan Gubernur Bengkulu agar kepala daerah di provinsi Bengkulu dapat meningkatkan gaji atau honorarium para honorer K2 setara dengan UMP. Sehingga para honorer berharap pemda Bengkulu Selatan dapat memperhatikan nasib para honorer K2 Bengkulu Selatan yang jumlahnya 181 orang.

“ Saat ini honor atau haji yang kami terima tidak sama ada yang hanya Rp 300 ribu perbulan ada juga yang Rp 1 juta per bulan, kalau sesuai UMP tentu gaji kami bisa mencapai Rp 2 juta lebih per bulan,” imbuhnya.

Asrikin, tenaga honorer di UPT puskesmas Karang Cayo menuturkan, sebagai tenaga honorer yang sudah belasan bahkan puluhan tahun mengabdi, honor yang diterima K2 sangat minim. Bahkan dirinya saja hanya Rp 300 ribu per bulan. Sehingga tidak cukup untuk membiayai beban hidup keluarga jika hanya mengandalkan gaji sebagai honorer K2.

“ Gaji saya hanya Rp 300 ribu per bulan, kalau bisa sampai Rp 2 juta lebih sebulan, kami sudah sangat bersyukur, artinya pemerintah memperdulikan nasib kami yang tak kunjung diangkat menjadi CPNS ini,” ujarnya.

Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Yevri Sudianto ikut prihatin dengan nasibpara honorer K2 di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan. Pasalnya saat ini nasib mereka tak jelas. Bahkan ada harapan dibukanya PPPK, namun harus seleksi lagi. Sehingga mereka juga belum tentunya semuanya bisa diangkat menjadi CPNS. Denga adanya aspirasi tersebut, yevri mengaku akan membahasnya bersama pihak eksekutif.

“ Kami mendukung perjuangan rekan K2 agar gaji bisa setara UMP, ke depan kami akan bahas bersama pihak eksekutif,” ujarnya.

Kepala Badan kepegawaian dan pemberdayaan sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bengkulu Selatan,H Minarman SH mengaku apa yang menjadi harapan K2 tersebut akan segera disampaikan ke Plt Bupati Bengkulu Selatan. Sebab kebijakan dalam menaikan gaji tersebut selain merupakan kewenagan kepala OPD masing-masing. Namun dengan adanya imbauan Gubernur Bengkulu tersebut, maka Plt Bupati Bengkulu Sselatan dapat memberikan kebijakan, sebagai tindaklanjut dari imbauan tersebut.

“ Keinginan dan harapan honorer K2 ini akan kami sampaikan ke Pak Plt Bupati, nanti kita akan bahas bersama, mudah-mudahan nanti bisa kita setarakan dengan UMP, namun hal itu tentu harus melihat kondisi keuangan kita dahulu, sebab jika memungkinkan kenapa tidak,” terang Minarman. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: